Kamis, 29 September 2016

Manasik Haji


Siswa-siswi yang berasal dari SMP DIPONEGORO DEPOK di Kabupaten Sleman, mengikuti kegiatan manasik haji di
Lapangan Kradenan. Kegiatan itu dibimbing langsung oleh Guru, pada hari Kamis, 15 September 2016.

Dalam peragaan manasik haji  tersebut, sejumlah siswa-siswi khususnya SMP DIPONEGORO DEPOK sangat antusias dan bersemangat mengikuti rangkaian dari peragaan manasik, yang merupakan kegiatan rutin dan program unggulan dari SMP DIPONEGORO DEPOK.

Ibadah haji ini bukan ibadah yang gampang, tapi sangat berat. Bukan hanya siap dari segi fisik dan finansial, tapi kita harus siap juga dari segi spritual. Kita harus mengetahui rukun ibadah haji dan mentaati pantangan atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam ibadah ini. Yang paling utama adalah bagaimana sikap kita sepulang dari ibadah haji.

Ibadah Haji ini tempat umat Islam berkumpul dari segala penjuru negeri oleh karena itu bersyukurlah umat Islam yang dapat memenuhi panggilannya. Disinilah tempat kita untuk meminta ampunan dan lebih bertawaduk.

Tujuan dari kegiatan manasik haji bagi siswa-siswi yakni adalah mengenalkan kepada anak rukun Islam yang kelima, yaitu menunaikan ibadah haji melalui kegiatan manasik.

“Selain itu juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar sekolah/lembaga. Dalam manasik ini juga mengenalkan tempat bersejarah umat Islam kepada anak”.