Selasa, 15 November 2016

Outing Class ke Museum Dirgantara Yogyakarta



Pengertian dan Konsep Pendidikan Luar Kelas Pendidikan luar kelas merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan di luar kelas/ sekolah dan di alam bebas lainnya, seperti: bermain di lingkungan sekolah, taman, perkampungan pertanian/ nelayan, berkemah, dan kegiatan yang bersifat
kepetualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan yang relevan (Arief Komarudin, 2007). 

Di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala ini para siswa SMP DIPONEGORO DEPOK melihat dan belajar tentang mengenai alutsista udara khususnya Museum Dirgantara Mandala. Di museum ini terdapat berbagai koleksi di gedung, yang jumlahnya lebih dari Kurang lebih 10.000 buah, Kurang lebih 36 pesawat terbang, Kurang lebih 1.000 foto , Kurang lebih 28 diorama, lukisan-lukisan, pakaian dinas, sejumlah buku yang disimpan diperpustakaan dan tanda kehormatan.

Museum ini juga diminati banyak wisatawan, karena mereka peanasaran dengan museum ini yang terdapat Replika pesawat WEL-I RI-X yang merupakan pesawat pertama hasil produksi Indonesia. Terdapat juga koleksi masterpiece yang merupakan replica pesawat milik perusahaan India (Dakota VT-CLA) yang ditembak jatuh oleh Belanda di daerah Ngoto, Bantul yang hendak mendarat di Maguwo Yogyakarta. Serta koleksi pesawat Mustang yang digunakan untuk menggempur permesta. Tak ketinggalan diorama satelit Palapa mengorbitkan pesawat ruang angkasa Challanger.

Siswa SMP DIPONEGORO DEPOK sangat antusias untuk sarana belajar sejarah kita juga dikenalakan dengan berbagai jenis teknologi. Sikap nasionalisme dan keberanian para pilot-pilot yang pada zaman perjuangan menjadikan semangat kita dalam meraih cita-cita yang tinggi. (05112016)